PERGAULAN YANG BAIK DAN SEHAT




Pergaulan sehari-hari memiliki peran sangat besar dalam menentukan kesuksesan atau kegagalan kita. Kalau sehari-hari kita hanya bergaul dengan orang-orang yang pesimis dan tidak memiliki semangat hidup, hampir dapat dipastikan kita pun akan pesimis dan tidak memiliki semangat hidup seperti teman-teman bergaul kita. Sebaliknya, jika kita bergaul dengan orang-orang optimis dan selalu memiliki mimpi besar untuk meraih kesuksesan yang lebih bermakna dari waktu ke waktu, maka kita telah berada di jalur yang tepat dan benar karena cepat atau lambat kita pun akan meraih kesuksesan dalam hidup seperti teman bergaul kita.PERGAULAN YANG BAIK DAN SEHAT
 Apakah ini berarti kita harus memilih hanya bergaul dengan orang-orang yang positif dan telah sukses saja serta memutuskan tali silaturahmi dengan orang-orang yang pesimis, banyak mengeluh, berpikir negatif dan gagal dalam hidup? Tentu saja tidak.
Kita perlu menjaga silaturahmi dengan sanak, saudara, sahabat dan teman-teman kita walaupun mereka pesimis, banyak mengeluh, berpikir negatif dan gagal dalam hidup. Benar kita tidak boleh memutuskan tali silaturahmi dengan mereka, bahkan kalau bisa kita mengajak mereka untuk berpikir, bersikap dan bertindak positif seperti kita.PERGAULAN YANG BAIK DAN SEHAT

   


Namun demikian agar kita tidak terpengaruh secara negatif, kita perlu secara sengaja memilih lebih banyak bergaul dengan teman-teman yang positif dan optimis. Karena seperti dikatakan oleh Charlie “Tremendous” Jones: “Lima tahun lagi Anda akan sama seperti sekarang, kecuali dua hal, orang-orang dengan siapa Anda bergaul dan buku-buku yang Anda baca.”
Carilah teman-teman yang sudah sukses sebanyak-banyaknya, tanpa meninggalkan teman-teman lama kita. Cara mendapatkan teman seperti itu adalah dengan mengikuti seminar-seminar sukses, pengembangan diri dan motivasi. Orang-orang sukses atau belum sukses tapi berorientasi sukses sangat gemar mengikuti seminar-seminar sukses, pengembangan diri.PERGAULAN YANG BAIK DAN SEHAT
 Menurut Dale Carnegie ada enam cara membuat orang menyukai kita:
1) secara tulus tunjukkan minat terhadap orang lain (Become genuinely interested in other people);
2) tersenyumlah (Smile);
3) ingat bahwa bagi setiap orang namanya adalah suara termanis dan terpenting dalam bahasa apa pun (Remember that a person’s name is to that person the sweetest and most important sound in any language)
4) jadilah pendengar yang baik. Dorong orang untuk berbicara tentang diri mereka (Be a good listener. Encourage others to talk about themselves);
5) bercakaplah mengenai hal-hal yang menarik orang lain (Talk in terms of the other person’s interests);
6) buat orang merasa dirinya penting—dan lakukanlah dengan tulus (Make the other person feel important—and do it sincerelyotivasi.

Dampak Positif dan Negatif dalam Pergaulan
Bergaul memang telah menjadi kebutuhan masing-masing individu untuk melakukan sosialisasi. Tak heran jika banyak orang yang rela mengorbankan banyak hal agar bisa eksis di dunia pergaulan.
Meskipun demikian, memiliki pergaulan yang luas juga memiliki dampak yang cukup ekstrim bagi diri anda. karenanya, dalam bergaul, anda perlu memperhatikan kelebihan atau kekurangan pergaulan yang bisa anda manfaatkan. 
Berikut ini merupakan beberapa dampak positif dan dampak negatif dalam pergaulan.

1.  Satu hal yang perlu anda ketahui, pergaulan merupakan suatu kebutuhan manusia untuk menjaga kehidupan sosial mereka tetap berjalan. Dalam bergaul, anda harus memiliki batasan-batasan tertentu dan pintar memilih agar dampak negatif yang bisa timbul bisa diminamilisasi.
Pada satu sisi, pergaulan bisa memberi anda manfaat yang sangat baik dalam perkembangan jiwa anda. Di sisi lain, pergaulan juga bisa melibatkan anda pada satu permasalahan yang tidak pernah anda kira bisa terlibat. Karenanya, anda perlu banyak belajar dalam melakukan pergaulan agar  anda tidak mudah terkena dampak negatif dalam pergaulan.


2.  Dalam bergaul, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Salah satunya adalah mengenai teman anda. Anda harus bisa menyeleksi teman atau orang lain yang bisa anda anggap sebagai teman. Hal lain yang juga perlu anda perhatikan adalah mengenai grup yang anda masuki.
Anda jangan terlalu mudah untuk bergabung dengan suatu grup pertemanan. 
Jika anda sampai salah masuk, anda bisa memiliki kemungkinan besar untuk mendaptkan dampak yang negatif dalam diri anda.



3.  Belajarlah untuk lebih mudah mengatakan kata “tidak”. Terkadang, jika kita diminta untuk menyediakan suatu hal yang anda rasa kurang mampu untuk melakukannya, anda harus mampu untuk mengatakan tidak jika memang anda tidak bersedia untuk melakukannya.
4.  Jangan terlalu mudah untuk mengikuti tren. Menjadi diri sendiri memang terkadang tidak mudah, apa lagi jika anda banyak dikelilingi oleh orang-orang yang senantiasa up to date dan selalu mengikuti tren masa kini. Karenanya, anda perlu bisa mengontrol diri anda agar lebih berhati-hati dalam menjalani pergaulan.


Share:

No comments:

Post a Comment